PROGRAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER
TIK
A.
PENDAHULUAN
Berawal
dari sebuah cita-cita dan semangat bersama untuk turut serta memajukan dan
mengembangkan dunia pendidikan, serta menjawab tantangan jaman yang semakin
maju akan teknologi berbasis komputer, kebutuhan akan ilmu pengetahuan komputer
dirasa semakin besar dan menjadi kebutuhan pokok, dikarenakan saat ini system
pengolahan data hampir diselurh instansi menggunakan komputer. Memberikan
pembekalan ilmu berbasis komputer dari usia dini adalah sangat baik dan
diperlukan, guna untuk mempermudah dan menjawab tantangan dimasa depan yang
dirasa semakin erat dalam era globalisasi.
Salah
satu masalah utama yang dihadapi dalam penuntasan Wajib Belajar Pendidikan
Dasar ( Wajar Dikdas ) 9 Tahun khususnya di sekolah dasar adalah masih belum
memadainya sarana prasarana dan sumber belajar. Hal ini disebabkan oleh
berbagai faktor, salah satu diantaranya adalah keterbatasan ketersediaannya
sarana prasarana dalam rangka peningkatan mutu pendidikan. Oleh karena itu
perlu dilengkapi sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai dan bermutu
untuk menunjang hal itu seperti halnya TI (Teknologi Informatika) lengkap
dengan sarana dan prasarananya sebagai salah satu sumber belajar yang efektif
dan efisien agar para lulusan memperoleh dan memiliki kompetensi dasar yang
handal untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat,
warga negara dan umat manusia serta mempersiapkan anak didik untuk mengikuti
pendidikan lanjutan.
B.
MAKSUD DAN
TUJUAN
Pembelajaran
komputer ini bertujuan untuk dapat memperlancar upaya peningkatan mutu
pendidikan Sekolah Dasar, pengetahuan, wawasan, kemampuan dan keterampilan
profesional bagi anak didik dalam meningkatan mutu kegiatan proses belajar
mengajar dengan menggunakan segala sumber daya yang akhirnya dapat meningkatkan
mutu pendidikan bagi anak didik itu sendiri.
Dengan
diadakannya Pembelajaran TI (Teknologi Informatika) dasar bagi anak didik ini,
diharapkan dapat berfungsi sebagai :
1. Wahana pembinan profesional bagi anak didik
2. Menumbuhkembangkan semangat kerjasama secara
kompetitif dikalangan tenaga kependidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
3. Wadah penyebaran informasi komunikasi dan pembinaan
anak didik.
4. Mengembangkan daya fisik anak didik yang lebih aktif
dan kreatif serta menumbuhkan rasa percaya diri.
5. Menambah Media Pembelajaran Komputer guna memudahkan
mencari sumber belajar yang dibutuhkan.
6. Memfasilitasi anak didik dalam melakukan kegiatan
belajar mengajar praktis dan efektif.
7. Meningkatkan minat belajar anak didik pada Teknologi
Informasi
8. Menjadikan anak didik melek Teknologi dan gemar
belajar ( Learning Sociaty ).
C.
MATERI DAN
TEKNIS PEMBELAJARAN KOMPUTER
1. Materi
Standar
kompetensi pembelajaran teknologi informatika dasar untuk sekolah dasar adalah
sebagai berikut:
a) Pengenalan perangkat keras komputer ( hardware )
b) Pengenalan fungsi keyboard
c) Pengenalan program secara sederhana
d) Pengenalan perangkat lunak (software)
e) Pengenalan Program Pengolah Gambar (Paint)
f) Pengenalan program MS Office
g) Demonstrasi penggunaan ikon-ikon pengolah kata MS
Office word
h) Membuat dokumen teks secara kreatif
i) Memadukan teks, gambar, dan membuat table dalam office
word
j) Materi lanjutan keterampilan menggunakan MS Office
Word
k) Memadu dan pengolahan data dalam bentuk kolom berita /
majalah dll, table dan seni desain.
l) Kemahiran menggunakan MS Office Word
m) Pengenalan Program pengelola angka MS Excel
n) Ketrampilan mengelola angka dan table dalam MS Excel
o) Mengenal multimedia dan virus komputer
2. Teknis pelaksanaan
a) Pelaksanaan ekstrakurikuler
Ekstrakurikuler
dilaksanakan pada hari Sabtu;
b) Peserta ekstra adalah siswa kelas 4 – 5;
c) Ekstrakurikuler dilaksanakan 1 kali dalam satu minggu,
atau 4 kali dalam satu bulan;
Macanang, 2019
Mengetahui,
Kepala
UPT
Hj. Rumaya, S.Pd
NIP. 19650903 198803 2
013
|
Pembimbing
Muh.
Darja, S.Pd
NUPT. 4049770671130023
|
No comments:
Post a Comment