Peserta didik memahami pecahan - pecahan yang senilai
PECAHAN SENILAI
Dipertemuan sebelumnya kita telah mengenal pecahan,untuk pertemuan saat ini yaitu pertemuan kedua kita akan memahami pecahan-pecahan yang senilai.
arti pecahan telah kita pahami dipertemuan sebelumnnya, sekarang yang harus kita pahami dipertemuan kali ini yaitu arti dari kata senilai
Secara sekilas mendengar kata senilai maka yang terlintas dipikiran kita adalah sesuatu yang sama jumlahnya, yang sama harganya/yang sama nilainya.....
contoh:
- Aris mendapat uang jajan dari kakeknya sebanyak Rp. 5000, dan dari ibunya sebanyak Rp. 10.000. Sehingga jumlah uang jajan Aris sebanyak Rp.15.000. Selanjutnya Agus mendapat uang jajan juga dari kakeknya sebanyak Rp. 8000, dan dari ibunya sebanyak Rp. 7000. jadi jumlah uang jajan Agus sebanyak Rp. 15.000. Maka jumlah uang jajan Aris dan Agus dikatakan senilai, karena memliki jumlah uang jajan yang sama banyak.
dari contoh di atas dapat kita ketahui bahwa Aris dan Agus mendapatkan uang pemberian yang berbeda jumlahnya. Namun jumlah keseluruhan uang jajan mereka sama yaitu masing-masing Rp 15.000.
untuk lebih jelasnya tentang PECAHAN SENILAI, coba kita perhatikan penjelasan di bawah ini.
Ibu/Bpk Guru siapkan 2 buah coklat yang berbentuk persegi panjang....
coklat 1 |
potongan coklat 1
dibagi menjadi 6 bagian yang sama |
potongan coklat 2
dibagi menjadi 3 bagian yang sama |
coba kita lihat pecahan yang terbentuk dari kedua coklat tersebut:
dari kedua pecahan di atas dapat kita lihat ada bagian pecahan yang senilai
dapat kita lihat cokelat 1 yang terpecah menjadi 2/6 sama besar dengan pecahan cokelat 2 yang 1/3. dari kedua potongan cokelat tersebut yaitu 2/6 dengan 1/3 dapat dikatakan sebagai pecahan senilai
Silahkan perhatikan gambar di bawah ini untuk melihat pecahan senilai dengan menggunakan garis bilangan.
* Dua pecahan yang senilai , nilainya sama sehingga dapat dihubungkan dengan tanda "=" (samadengan)
silahkan download file power point-nya
SELAMAT BELAJAR.....
SILAHKAN TUNGGU MATERI SELANJUTNYA
No comments:
Post a Comment