Monday, June 29, 2020

PELAJARAN 1 - Pertemuan II "Pecahan Senilai

Indikator Pencapaian Hasil Belajar
Peserta didik memahami pecahan - pecahan yang senilai

PECAHAN SENILAI

Dipertemuan sebelumnya kita telah mengenal pecahan,untuk pertemuan saat ini yaitu pertemuan kedua kita akan memahami pecahan-pecahan yang senilai.

arti pecahan telah kita pahami dipertemuan sebelumnnya, sekarang yang harus kita pahami dipertemuan kali ini yaitu arti dari kata senilai

Secara sekilas mendengar kata senilai maka yang terlintas dipikiran kita adalah sesuatu yang sama jumlahnya, yang sama harganya/yang sama nilainya.....
contoh: 
  • Aris mendapat uang jajan dari kakeknya sebanyak Rp. 5000, dan dari ibunya sebanyak Rp. 10.000. Sehingga jumlah uang jajan Aris sebanyak Rp.15.000. Selanjutnya Agus mendapat uang jajan juga dari kakeknya sebanyak Rp. 8000, dan dari ibunya sebanyak Rp. 7000. jadi jumlah uang jajan Agus sebanyak Rp. 15.000. Maka jumlah uang jajan Aris dan Agus dikatakan senilai, karena memliki jumlah uang jajan yang sama banyak.
dari contoh di atas dapat kita ketahui bahwa Aris dan Agus mendapatkan uang pemberian yang berbeda jumlahnya. Namun jumlah keseluruhan uang jajan mereka sama yaitu masing-masing Rp 15.000.

untuk lebih jelasnya tentang PECAHAN SENILAI, coba kita perhatikan penjelasan di bawah ini.

Ibu/Bpk Guru siapkan 2 buah coklat yang berbentuk persegi  panjang....

coklat 1

coklat 2

selanjutnya kedua coklat tersebut dipotong dengan jumlah potongan yang berbeda

potongan coklat 1
dibagi menjadi 6 bagian yang sama

potongan coklat 2 
dibagi menjadi 3 bagian yang sama

coba kita lihat pecahan yang terbentuk dari kedua coklat tersebut:



dari kedua pecahan di atas dapat kita lihat ada bagian pecahan yang senilai
dapat kita lihat cokelat 1 yang terpecah menjadi  2/6 sama besar dengan  pecahan cokelat 2 yang 1/3. dari kedua potongan cokelat tersebut yaitu 2/6 dengan 1/3 dapat dikatakan sebagai pecahan senilai

Silahkan perhatikan gambar di bawah ini untuk melihat pecahan senilai dengan menggunakan garis bilangan.


* Dua pecahan yang senilai , nilainya sama sehingga dapat dihubungkan dengan tanda "=" (samadengan)

silahkan download file power point-nya



SELAMAT BELAJAR.....
SILAHKAN TUNGGU MATERI SELANJUTNYA






No comments:

Post a Comment

MATERI P3K "MATEMATIKA"

  Bahan Belajar Bilangan Asli, Cacah dan Bulat Konsep Dasar Bilangan Asli, Cacah dan Bulat Bilangan adalah suatu unsur atau objek yang tidak...