Sunday, July 5, 2020

MATERI SKB GURU SD study 1

KARAKTER PESERTA DIDIK
Aspek perkembangan kognitif anak menurut Piaget, dikelompokkan menjadi 4 tahap:

1. Sensor - motor (0 - 2 tahun)

Pada masa perkembangan ini, kemampuan anak masih terbatas pada gerak-gerak reflex. selama pariode ini anak mengatur alamnya dengan indera-inderanya (sensori) dan tindakan-tindakannya (motor). 

2. Pra -operasional (2 - 7 tahun)

Pada tahap ini kemampuan bahasa mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum mampu berfikir abstrak.

3. Operasional kongkret (7 - 11 tahun)

Pada tahap ini anak mulai mampu menyelesaikan tugas-tugas menggabungkan, memisahkan, menyusun, menderetkan, melipat dan membagi. Tingkat ini anak mulai berfikir rasional.

4. Operasional formal (11 tahun ke atas)

Pada masa ini anak sudah mampu berfikir tingkat tinggi, seperti berfikir secara deduktif, menganalisi, induktif dan mampu berfikir secara abstrak dan mampu menyelesaikan berbagai masalah.


TEORI BELAJAR
Teori belajar adalah teori yang mempelajari perkembangan intelektual (mental) peserta didik. 
Berikut beberapa teori yang melandasi guru-guru sekolah dasar dalam merancang, melaksanakan dan menilai pembelajaran:

1. Teori Belajar Vygostsky
teori belajar yang menekankan bahwa pengkonstruksian pengetahuan seorang individu dicapai melalui interaksi sosial.
  • Tahap Perkembangan aktual
  • tahap perkembangan potensial
  • proses internalisasi
2. Teori Belajar Van Hiele
Teori belajar yang dikemukakan oleh Van Hiele yang seorang guru dari Belanda tentang pembelajaran geometri. Terdapat 5 tahap pemahaman geometri
  • Tahap Visualisasi (Pengenalan)
  • Tahap Analisis (Deskriptif)
  • Tahap Deduksi Formal (Pengurutan)
  • Tahap Deduksi
  • Tahap Akurasi
3. Teori Belajar Ausubel
Teori belajar ini mengemukakan bahwa belajar bermakna adalah suatu proses dikaitkannyainformasi baru pada konsep-konsep relevan yang terdapat dalam struktur kognitif seseorang. Terdapat 3 kebaikan dari belajar bermakna yaitu
  • informasi yang dipelajari secara bermakna dapat lebih lama di ingat
  • informasi yang dipelajari secara bermakna memudahkan proses belajar berikutnya dengan materi pelajaran yang relevan/mirip
  • informasi yang dipelajari secara bermakna mempermudah belajar hal-hal yang mirip meskipun telah lama dilupa.
Prinsip-prinsip dan konsep yang perlu diperhatikan dalam teori belajar ini sebagai berikut:
  • pengaturan awal
  • diferensiasi progresif
  • belajar superordinat
  • penyesuaian integratif
4. Teori Belajar Bruner
Bruner mengemukakan bahwa terdapat 3 sistem keterampilan untu menyatakan kemampuan-kemampuan secara sempurna, sebagai berikut:
  • cara penyajian enaktif
anak belajar sesuatu pengetahuan secara aktif,dengan ,menggunakan benda - benda konkret atau benda yang nyata.
  • cara penyajian ekonik
pengetahuan disajikan dalam bentuk gambar - gambar atau grafik yang merupakan gambaran dari objek-objek yang dimanipulasi
  • cara penyajian simbolik
cara penyajian simbolik didasarkan pada cara berfikir asbtrak. anak tidak lagi terikat dengan objek-objek tertentu,

  

No comments:

Post a Comment

MATERI P3K "MATEMATIKA"

  Bahan Belajar Bilangan Asli, Cacah dan Bulat Konsep Dasar Bilangan Asli, Cacah dan Bulat Bilangan adalah suatu unsur atau objek yang tidak...